MAKALAH
TEORI ORGANISASI UMUM
“ORGANISASI PECINTA ALAM”
NAMA ANGGOTA :
ARLINTANIA AGUSTIANAWATY 11114663
AULIA PAMUNGKAS .R 11114825
BAYU MANGGARALANA 12114066
CAHYO BUDI WIBISONO 12114266
DANA AFINA FADHILAH 12114486
KELAS 1KA22
FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI SISTEM
INFORMASI
Mata
Kuliah : Teori Organisasi Umum
Dosen
: Ibu Erna Kustyarini
BAB
I
PENDAHULUAN
I.1 Latar
belakang
Sebagai
manusia kita hidup bersosialisasi dan selama kita hidup kita akan terus
berinteraksi bersama orang lain beserta lingkungan. Manusia juga hidup dalam
berkelompok, kelompok yang besar maupun kecil. Kelompok inilah tempat untuk
kita berkreativitas.
Dalam
menjalankan organisasi ini juga kita memerlukan manajemen yang baik agar
organisasi yang kita jalankan itu berjalan dengan baik. Organisasi yang kita
lakukan juga harus sesuai apa yang kita minati agar kita dapat menjalankannya
dengan baik. Hal ini disebabkan adanya
tujuan dari sebuah organisasai. Tujuan akan tercermin dalam kegiatan dalam
skala dekat. Tujuan dalam organisasi sangat mempengaruhi kenerja kerja
organisasi itu tersebut.
Karena
itu kami
akan menyusun makalah tentang organisasi dan manajemen organisasi yang baik.
I.2 Rumusan
masalah
1. Apa pengertian organisasi secara umum ?
2. Bagaimana sejarah organisasinya ?
3. Bagaimana struktur organisasinya ?
4. Apa saja kegiatan organisasainya?
5. Bagaimana unsur organisasinya?
I.3 Tujuan
penulisan
Agar kita dapat
memahami apa itu organisasi
Agar kita dapat
mengerti cara manajemen yang baik
Agar kita dapat
mengetahui struktur organisasinya
BAB II
Pembahasan
2.1 Pengertian Organisasi
Organisasi
adalah sekumpulan atau
sekelompok manusia yang memiliki tujuan yang sama.
Organisasi
mempunyai dua unsur yaitu wadah dan proses.
1. Wadah : merupakan tempat kita menampung ide de
kreativitas kita.
2. Proses : mempunyai sifat dinamis, ada perubahan
dan berkembangannya.
Organisasi
itu ada dua yaiu bisnis dan non bisnis.
Organisasi
juga terdapat planning, organation, controlling dana motivassion. Yang terbagai sebagai berikut :
a. Planning
itu agar kita merencanakan terlebih dahulu apa yang akan kita lakukan.
b. Organisation,
agar kita dapat mengorganisasikan organisasi yang kita ikuti.
c. Controlling,
kita juga harus mengawasi jalannya organisasi, agar berjalan denagna baik.
d. Motivasion,
memberikan motivasi agar sumber daya manusia yang ada di dalam organisasi itu
berjalan denganbaik.
2.2
Sejarah Terbentuknya
Organisasi Pecinta Alam
Organisasi pecinta alam ini organisasi gabungan antara
KIR dan Pramuka, tapi sekarang organisasi ini berdiri sendiri. Organisasi ini di
bentuk pada saat organisasi ekskul KIR dan Pramuka mengadakan kegiatan mendaki
gunung di daerah Sumatra.
2.3
Struktur Organisasi
Gambar
1. Struktur Organisasi
Unsur-unsur
Struktur Organisasi terdiri dari:.
1. Spesialisasi
kegiatan berkenaan dengan spesifikasi tugas-tugas individual dalam organisasi
2. Standarisasi
kegiatan yang digunakan organisasi untuk menjamin terlaksananya kegiatan
seperti yang direncanakan
3. Koordinasi
kegiatan yang mengintegrasikan fungsi-fungsi satuan kerja organisasi
4. Sentralisasi
dan desentralisasi pembuatan keputusan
5. Ukuran
satuan kerja menunjukkan jumlah karyawan dalam suatu kelompok kerja
. .
Bagan organisasi memperlihatkan susunan fungsi-fungsi, departemen-departemen, atau posisi-posisi organisasi dan menunjukkan hubungan di antaranya. Bagan organisasi memperlihatkan lima aspek utama suatu struktur organisasi:
1. Pembagian kerja.
2. Manajer dan bawahan atau rantai perintah.
3. Tipe pekerjaan yang dilaksanakan
4. Pengelompokkan segmen-segmen pekerjaan
5. Tingkatan manajemen
2.4 Kegiatan Organisasi
a. Diklat Kacu Kuning
b. Diklat Kacu Biru
c. Pendakian
d. Latihan Demo Ekstra
Kulikuler
e. Camping
2.5 Manajemen
Organisasi
Unsur – unsur yang ada dalam organisasi yang kita tahu
ada empat yaitu, planning, organizing, leading, controlling, dan motivating
Dalam melakukan kegiatan, organisasi ini menggunakan
beberapa unsur tersebut
a. Planning
Dalam melakukan organisasi pecinta
alam pasti mempunyai planning atau perencanaan bagaimana organisasi ini akan
berjalan. Dalam organissasi ini pasti memerlukan planning atau perencanaan,
dalam organisasi ini tujuannya adalah memberikan pengetahuan yang baik
bagaimana cara untuk mendaki gunung yang benar, melakukan kegiatan outdoor yang
aman dan nyaman dank arena kegiatan ini masih termasuk ekstrakulikuler sekolah
organisasi ini juga memberikan pelajaran tentang bagaimana cara bertahan hidup.
Dalam melakukan kegiatan, organisasi
ini melakukan perencanaan mulai dari kegiatan yang akan dilakukan, perencanaan
acara, perncanaan keuangan agar dapar berjalan dengan baik. Dalam melakukan
perencanaan acara biasanya melakukan survey terlebih dahulu agar kegiatan yang
akan dilakukan beda dengan kegiatan kegiatan yang sebelumnya dan agar anggota
dan orang yang ingin mengikuti acara ini dapat mempunyai pengalaman ynag baru
dan dapat mendapatkan keuntungan dari berjalannya kegiatan ini.
b.
Organizing
Dalam melakukan kegiatan, organisasi
ini biasanya membagi-bagi tugas agar kegiatan yang akan dilakuakn berjalan
dengan baik. Seperti misalnya adanya divisi climbing, camping, bendahara,
sekretaris, acara, dan divisi peralatan.
c. Leading
Dalam melakukan kegiatan, organisasi
ini dipimpin oleh ketua. organisasi ini menggunakan musyawarah dalam mengambil
keputusan agar kegiatan dan masalah dapat terselesaikan dengan bersama.
Biasanya ketua yang akan mengambil keputusan dari hasil musyawarah yang telah
dilakukan.
d.
Controling
Dalam mengendalikan organisasi ini
ketua berperan aktif beserta semua anggotanya dengan cara melaukan mengukur
tinggkat keaktifan anggota agar kekurangan dalam organisasi dapat dikurangi dan
dapat diperbaiki dengan baik.
e.
Motivating
Dalam melakukan unsur organisasi ini
semua anggota dan ketua melakukannya bersama agar apa yang dikerjakan bersama
dapat dilakukan dengan baik dan tidak ada kekurangan
misalnya dalam pemilihan ketua
setelah ketua itu terpilih kita makan-makan bareng agar suasana dalam berorganisasi
dengan ketua yang baru dapat berjaln baik dan biasanya agar anggota tidak bosan
dalam melkukan kegiatan melakukan camping dan makan makan bersama yang lainnya.
BAB III
PENUTUP
3.1 Saran
Dengan
mengacu pada data di atas, dalam bab ini kami akan mengemukakan bebrapa saran
yang dapat dijadikan sebagai masukkan sebagai berikut:
1. Bagi
Sekolah
a. Adanya
pembinaan secara optimal serta perlunya kerjasama yang solid dan baik antara
sekolah, pembina, orang tua dan siswa dalam mendukung kegiatan ini. Sehingga
dapat berprestasi dalam bidang pelestarian lingkungan baik nasional maupun
internasional melalui organisasi ini.
b. Sekolah
hendaknya membuat program bersama dengan ekstrakulikuler pencinta alam bekerja
sama membuat kebun apotek hidup, sekolah berwawasan lingkungan “ Green School
“, sehingga terciptanya sekolah Green Constitution.
2. Bagi
Pembina
a. Lebih
memperhatikan dalam menjembatani apirasi dan keinginan organisasi pencinta alam
terhadap sekolah dalam konstribusi nyata
b. Pembina
sebaiknya melihat langsung pada kegiatan-kegiatan pencinta alam dalam
lingkungan sekolah baik diluar lingkungan
3. Bagi
Orang Tua
a. Orang
tua sebaiknya mendukung dan mengawasi setiap kegiatan organisasi ini
b. Orang
tua jangan terlalu membatasi kepada anak untuk berkegiatan baik di sekolah
maupun orang sekolah.
4. Bagi
Siswa
a. Siswa
hendaknya sebagai penggerak dan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada
masyarakat akan pentingnya memiliki sikap cinta tanah air.
b. Siswa
hendaknya terus mengembangkan potensi dimilikinya terutama potensi terhadap
bidang yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan sebagai wujud dari cinta
tanah air
3.2 Kesimpulan
Berdasarkan
penelitian yang kami lihat dari pencinta alam di SMA Sumbangsih yaitu
Sanditala, memberikan pengaruh pendidikan dasar pencinta alam memliki pengaruh
yang signifikan terhadap peningkatan sikap rasa cinta tanah air para siswa di
sekolah tersebut. Hal ini terbukti pada kegiatan-kegiatan yang di ikuti oleh
siswa yang dilaksanakan oleh organisasi pencinta alam berpedoman pada kode etik
Pedoman Alam yang telah disepkati bersama antar anggota pencinta alam di
seluruh Indonesia. Materi yang dikembangkan dalam meningkatkan sikap cinta alam
dalam matei manajemen perjalanan, survival, Search and Rescue (SAR), Ilmu Medan
Peta dan Kompas. Dan kegiatan ini mempengaruhi peningkatan rasa cinta terhadap
alam yang berhubungan dengan sikap positif siswa.
Pertanyaan :
1.
Apa
perbedaan dari diklat kacu kuning dan kacu biru? (Nur Ahmad Fadly)
2.
Apa
keunikan organisasi ini sehingga menjadi materi pembahasan?(Syagiful Fathayati)
3.
Apa
saja acara yang dilakukan pada saat diklat kacu kuning dan biru?(M. Syifa
Qolbi)
4.
Apa
maksud dan tujuan dari divisi orad?(Irfan Aji Pratama)
5.
Apa
organisasi ini masih terikat dengan KIR dan Pramuka?(Dicka Agung Dias Putra)
6.
Bagaimana
fungsi manajemennya dan bagaimana apa saja masalahnya ? Bagaimana cara
menghadapi masalah tersebut? (Ibu Erna)
Jawaban :
1.
Perbedaannya
diklat kacu kuning masih ditahap SMA dan dilaksankan dua hari semalam saja,
sedangkan kacu biru diklat ditahap alumni dan dilaksanakan selama seminggu
2.
Keunikan
yang ada dalam organisai ini adalah oerganisais ini memiliki ketua divisi yang
bertanggung jawab atas divisi divisi lain tapi ketua organisasi ahanya
mengawasi jalannya kerja antr divisi itu
3.
Kegiatan
yang dilakukan pada saat kacu kuning hanya sekedar pengenalan tentang gunung
kepada calon anggot, dan memberi tes dengan materi-materi yang telah diajarkan,
sedangkan kacu biru melakukan kegiatan
mendaki gunung dan ada tes juga.
4.
Divisi
orad bertujuan untuk melakukan kegiatn yang berkaitan tentang olahraga air dan
darat.
5.
Organisasis
ini telah berdiri sendiri tidak bergabung dengan kir dan pramuka lagi
6.
.1.
Fungsi manajemen dalam organisasi ini adalah
a.
Planning
Dalam melakukan organisasi pecinta
alam pasti mempunyai planning atau perencanaan bagaimana organisasi ini akan
berjalan. Dalam organissasi ini pasti memerlukan planning atau perencanaan,
dalam organisasi ini tujuannya adalah memberikan pengetahuan yang baik
bagaimana cara untuk mendaki gunung yang benar, melakukan kegiatan outdoor yang
aman dan nyaman dank arena kegiatan ini masih termasuk ekstrakulikuler sekolah
organisasi ini juga memberikan pelajaran tentang bagaimana cara bertahan hidup.
Dalam melakukan kegiatan, organisasi
ini melakukan perencanaan mulai dari kegiatan yang akan dilakukan, perencanaan
acara, perncanaan keuangan agar dapar berjalan dengan baik. Dalam melakukan
perencanaan acara biasanya melakukan survey terlebih dahulu agar kegiatan yang
akan dilakukan beda dengan kegiatan kegiatan yang sebelumnya dan agar anggota
dan orang yang ingin mengikuti acara ini dapat mempunyai pengalaman ynag baru
dan dapat mendapatkan keuntungan dari berjalannya kegiatan ini.
b.
Organizing
Dalam melakukan kegiatan, organisasi
ini biasanya membagi-bagi tugas agar kegiatan yang akan dilakuakn berjalan
dengan baik. Seperti misalnya adanya divisi climbing, camping, bendahara,
sekretaris, acara, dan divisi peralatan.
c. Leading
Dalam melakukan kegiatan, organisasi
ini dipimpin oleh ketua. organisasi ini menggunakan musyawarah dalam mengambil
keputusan agar kegiatan dan masalah dapat terselesaikan dengan bersama.
Biasanya ketua yang akan mengambil keputusan dari hasil musyawarah yang telah
dilakukan.
d.
Controling
Dalam mengendalikan organisasi ini
ketua berperan aktif beserta semua anggotanya dengan cara melaukan mengukur
tinggkat keaktifan anggota agar kekurangan dalam organisasi dapat dikurangi dan
dapat diperbaiki dengan baik.
e.
Motivating
Dalam melakukan unsur organisasi ini
semua anggota dan ketua melakukannya bersama agar apa yang dikerjakan bersama
dapat dilakukan dengan baik dan tidak ada kekurangan
misalnya dalam pemilihan ketua
setelah ketua itu terpilih kita makan-makan bareng agar suasana dalam
berorganisasi dengan ketua yang baru dapat berjaln baik dan biasanya agar
anggota tidak bosan dalam melkukan kegiatan melakukan camping dan makan makan
bersama yang lainnya.
2. Masalah yang ada dalam organisasi dan cara
menghadapinya
a)
Bentroknya
jadwal sekolah dengan acara kegiatan organisasi, jika orang tersebuat masuk
dalam tim kegiatan acara tersebuat akan diganti dengan anggota yang lain yang jadwalnya
tidak bentrok dengan jadwal sekolah
b)
Susah
untuk datang rapat biasanya ketua akn memberikan sanksi kepada anggota yang
tidak dapat mengikuti rapat jiak alasan pada saat tidak mengikui rapat itu
tidak masuk akal.
c)
Izin
sekolah melakukan kegitan, biasanya kami akan lebih meyakinkan lagi kepada
pihak sekoalh bahwa acara yang akan kami lakukan tidak sejalan dengan apa yang
pihak sekolah pikirkan sehingga acara tidak jadi berjalan.
d)
Izin
pihak orang tua , biasanya anggota mebantu meyakinkan orangtua anggota lain
atau peserta yan ingin ikut melakukan kegiatan
No comments:
Post a Comment